Latest News
Sunday, February 1, 2015

Tak Banyak yang Tahu, Ada Hiu Aneh yang Bentuknya Lebih Menyeramkan

Image source: Sumber News
Yang terlintas dalam pikiran kebanyakan orang bila bicara soal ikan hiu mungkin tak akan jauh dari anggapan hiu adalah seekor ikan besar bergigi tajam yang merupakan predator laut mematikan. Namun tahukah Anda, ternyata tak semua hiu seperti itu. Ternyata ada hiu yang berbeda jauh dengan anggapan itu, bahkan terlihat lebih menyeramkan.

Disebut dengan 'Megamouth Shark' (Hiu Bermulut Besar) atau Megachasma pelagios, merupakan jenis hiu paling langka di dunia dengan panjang tubuh hingga 6 meter, bermulut besar dengan diameter mencapai 1 meter lebih, dan berwajah menyeramkan. Hiu jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976. Menurut catatan sejarah, baru sekitar 63 penampakan munculnya hiu tersebut.

Baru-baru ini di pantai Marigondon perairan Filipina ditemukan hiu bermulut besar terdampar. Sayangnya hiu itu sudah dalam keadaan mati. Para nelayan yang menemukannya menduga mungkin hiu tersebut mati karena terjebak dalam jaring ikan.
Image source: Viralnova
Kemudian menurut otoritas pemerintahan Filipina, jasad hiu itu telah diletakan di lemari pendingin, dan selanjutnya akan di otopsi untuk mempelajari mengenai hiu langka tersebut.

Lebih lanjut, meski hiu bermulut besar itu wajahnya menakutkan tapi mereka tidak berbahaya bagi manusia. Mereka dikenal sebagai pemakan plangton. Mereka menggunakan mulutnya untuk menyaring plangton dan ganggang laut dan menyantapnya. Menurut para ilmuwan, sebagian besar hiu langka itu hidupnya menghuni di kedalaman laut.

Image source: Viralnova

Image source: Viralnova

Image source: Viralnova
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Tak Banyak yang Tahu, Ada Hiu Aneh yang Bentuknya Lebih Menyeramkan Rating: 5 Reviewed By: Unknown