Latest News
Friday, February 6, 2015

Nyaris Tak Percaya, Tebing Es Menjulang Tinggi di Gurun Pasir

Tebing gletser es raksasa menjulang setinggi langit di tengah hamparan pasir. Nampak seolah seperti fatamorgana di gurun pasir. Fenomena alam mengagumkan ini benar adanya, yakni di benua Afrika. Benarkah demikian?

Melihat tebing es raksasa di daratan benua Afrika seakan membuat orang semakin tak percaya bahwa fenomena alam itu nyata. Bagaimana tidak, kebanyakan orang mengenal daratan Afrika identik dengan gurun kering dan panas. Tapi sekali lagi ini nyata dan bukan fatamorgana.

Image source: Twisted Sifter
Tepatnya di puncak Gunung Kilimanjaro, Tanzania. Pada akhir tahun lalu seorang National Geographic Adventurer of the Year, Will Gadd mendaki puncak gunung tersebut. Kemudian ia memanjat tebing-tebing gletser es yang indah itu. Menurut The Guardian, sejak 10 tahun yang lalu Gadd telah berangkat untuk mendaki es di setiap benua. Setelah berhasil mendaki es di Afrika, tinggal es di Antartika saja yang belum ia daki.
Image source: Twisted Sifter
Diketahui di benua Afrika terdapat Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 5.895 meter. Gunung tertinggi di Afrika itu letak tepatnya sekitar 300 kilometer sebelah selatan khatulistiwa. Iklim tak hanya tergantung pada lintang tapi juga ketinggian tempat. Meski berada dekat khatulistiwa tapi karena ketinggiannya bukan tak mungkin ada es di sana.

Di puncak Gunung Kilimanjaro terdapat gletser es putih yang indah dengan ukuran beragam. Es di puncak gunung itu diperkirakan telah ada selama lebih dari 12.000 tahun. Tumbuh dan menyusutnya gletser tersebut tergantung pada radiasi matahari, curah hujan dan faktor lainnya.

Image source: Twisted Sifter
Namun sayangnya sejak tahun 1900an nampak jelas gletser itu mulai menyusut drastis. Menurut NASA, antara tahun 1912 hingga 2011, massa es di puncak Kilimanjaro menyusut lebih dari 85 persen. Beberapa ilmuwan memprediksi gletser es itu akan hilang di tahun 2060.
Image source: britannica.com
Image source: Twisted Sifter
Image source: Twisted Sifter
Image source: Twisted Sifter
Image source: Twisted Sifter
Image source: Twisted Sifter
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Nyaris Tak Percaya, Tebing Es Menjulang Tinggi di Gurun Pasir Rating: 5 Reviewed By: Unknown