Pengertian Twitter
Meskipun tergolong baru, namun pengguna Twitter meningkat setiap harinya. Berbeda dengan Facebook, pada Twitter terdapat keterbatasan jumlah karakter penulisan pesan.Oleh karena itu, perlu dicermati menulis pesan yang jelas dalam keterbatasan tersebut.
Dalam hal penulisannya, Twitter tidak memerlukan kalimat lengkap terstruktur, namun inti pesan dapat dituliskan kurang dari sembilan puluh karakter. Karakter tersebut sudah termasuk di dalamnya penyebutan akun Twitter lain, dan link yang menghubungkan dengan sumber informasi lain.
Semakin banyak jumlah follower (pengikut), maka akan bertambah jumlah anggota komunitas Twitter sekolah. Humas sekolah juga dapat mengikut (follow back), para pemimpin komunitas untuk tetap mendapat informasi terbaru apa yang sedang menjadi pembahasan mereka di media sosial. Selain untuk tetap terhubung, humas juga dapat sedini mungkin mencegah rumor yang berkembang, yaitu pemberitaan negatif yang berkaitan dengan siswa maupun sekolah. Melalui hal ini juga, humas dapat langsung mengklarifikasi berita atau informasi. Ketika humas sekolah
memberikan penjelasan yang membuat pemimpin komunitas tersebut puas, maka pemimpin komunitas dapat memberikan pengaruh kepada pengikutnya. Dari ilustrasi di atas dapat terlihat, ketika humas sekolah melakukan twit dalam satu waktu, pesan langsung sampai kepada sejumlah pengikut yang kemudian diteruskan kepada sejumlah pengikut lain. Total penerima pesan, efeknya dapat langsung diterima. Salah satu kelebihan media sosial dibanding media konvensional adalah pada kecepatan komunikan menerima pesan.
Twitter dapat digunakan sebagai media publikasi blog. Mencantumkan link (tautan) blog siswa ataupun guru dalam twit dapat mepromosikan blog sehingga blog tersebut dapat menambah pengikut. Humas membuat diskusi melalui Twitter tentang ulasan blog tersebut juga dapat mengundang respon dari pengikut. Selain membuat tautan, humas juga dapat mengundang respon dengan membuat tembusan (cc) kepada anggota blog lain yang memiliki Humas sekolah sebaiknya memiliki data akun siswa. Sehingga akan lebih mudah humas memperoleh nama akun siswa dan mampu mengelola percakapan yang terjadi di Twitter.
Salah satu cara untuk mengetahui atau mencari akun siswa yang menggunakan nama sekolah adalah dengan Twitter search. Melalui Twitter search humas dapat memonitor kata yang bersinggungan dengan sekolah.
Twitter mampu memfasilitasi komunikasi yang terjalin dengan alumni secara langsung.
Testimoni alumni tentang prestasi sekolah akan menciptakan kredibilitas terhadap produk sekolah, yaitu alumni yang berhasil. Alumni adalah calon pelanggan atau orang tua murid di masa mendatang. Menjalin hubungan yang terus menerus dengan alumni akan dapat membangun ikatan (engagement) yang dapat berdampak positif di kemudian hari. Ketika kesamaan bidang, atau juga kepada pengikut suatu krisis terjadi di sekolah, alumni akan yang mempunyai kompetensi misalnya siswa memberikan dukungan baik secara moril berprestasi, atau guru bidang studi tersebut. maupun dukungan lain.
Cantumkanlah hash tag (#) untuk membuat Melalui Twitter, humas dapat melakukan topik tertentu.Hash tag akan memudahkan para program Media Relations, di mana humas sekolah pengguna Twitter untuk mendapatkan informasi memberikan informasi atau event-event yang lebih banyak. Mengetahui topik yang sedang sedang berlangsung di sekolah sebagai berkembang (trending topic) dan membahasnya konsumsi redaksi.
di komunitas Twitter sekolah juga dapat menarik Twitter pada dasarnya adalah tulisan respon. singkat untuk memberitahukan pada khalayak tentang apa yang sedang terjadi. Humas sekolah
menuliskan laporan yang sedang terjadi sehingga mampu menjadi distributor informasi kepada khalayak.